0355-796758 / 085646490912 / 081319520041 ummulqurrotrenggalek@gmail.com

RUMAH TAHFIZHUL QUR’AN (RTQ) Putri

RUMAH TAHFIZHUL QUR’AN (RTQ) Putri adalah Program Pendidikan Tahfizhul Qur’an selama 3 tahun untuk lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat yang khusus dikelola oleh Lembaga Manajemen Infaq (LMI). Program ini merupakan program internal dari LMI. Program ini berbeda dengan MTQ Putra karena target untuk menyelesaikan hafalan pun berbeda, yakni selama 3 tahun. Selain itu, konsep gedung yang ditempati oleh santri pun berbeda dengan MTQ Putra, yakni lebih sederhana di dalam sebuah rumah tahfizh. Program ini tersedia untuk AKHWAT (PUTRI) dengan sistem boarding (asrama) dan Bebas Uang Pendidikan (bagi santri yatim/kurang mampu). Para santriwati akan melaksanakan Hafalan Al-Qur’an dengan target 30 juz selama 3 tahun.

Adapun kegiatan harian santri antara lain:

A. Kegiatan

a. Tilawah Min. 1 Juz/Hari
b. Shoum Sunnah (Senin-Kamis)
c. Qiyamullail
d. Sholat Sunnah Dhuha
e. Sholat Jama’ah Rawatib
f. Kelas Dirosah
g. Dzikir Pagi-sore
h. Olah Raga Ringan
i. Piket Kebersihan

B. Rincian dan Waktu Kegiatan

a. Tilawah Min. 1 Juz/Hari
Santri diharuskan tilawah dengan target 1 juz per hari. Hal ini dilakukan untuk membiasakan santri dengan Al-Qur’an serta membantu santri dalam muroja’ah surat/ayat yang telah dihafal. Pengabsenan tilawah ini dilakukan secara personal, yaitu memberikan tanda ceklis pada format yang telah di sediakan, cara ini membutuhkan kejujuran dari setiap santri.
b. Shoum Sunnah
Shoum sunnah dilaksanakan pada hari Senin dan Kamis, santri di haruskan berpuasa pada pada hari itu, kecuali jika ada udzur syar’i, seperti sakit. Pengabsenan dilakukan setelah berbuka puasa secara personal, dengan memberikan tanda ceklis pada format yang telah di sediakan, cara ini membutuhkan kejujuran dari setiap mahasantri.
c. Qiyamullail
Qiyamullail dilaksanan di asrama, dan minimal dilakukan dua kali dalam sepekan, yaitu pada malam senin dan malam kamis. Dilakukan pada kedua malam itu diharapkan santri dapat langsung melaksanan sahur setelah usai melaksanakan Qiyamullail.
Yang bertindak sebagai imam Qiyamullail adalah santri dengan cara bergiliran dan dengan tujuan agar hafalan dari masing-masing menjadi lebih kuat. pengabsenan di lakukan secara personal, yaitu memberikan tanda ceklis pada format yang telah di sediakan, cara ini membutuhkan kejujuran dari setiap mahasantri..
d. Shalat Sunnah Dhuha
Santri diharuskan melaksanan shalat dhuha minimal dua roka’at setiap hari, untuk pengabsenan di lakukan secara personal, yaitu memberikan tanda ceklis pada format yang telah di sediakan, cara ini membutuhkan kejujuran dari setiap mahasantri.
e. Shalat Berjama’ah
Santri di haruskan shalat lima waktu secara berjama’ah, terkecuali ada kegiatan di luar ma’had. Pengebsenan shalat berjama’ah dilakukan langsung secara personal setelah selesai menunaikan shalat.
f. Kelas Dirosah
Pengabsenan kelas yang di lakukan hanya pada saat hari-hari dirosah KBM ma’had, yaitu pada hari Senin sampai dengan Jum’at.
g. Dzikir Pagi-sore
Santri diharuskan membaca al-ma’tsurat pagi dan sore. Hal ini dilakukan secara berjama’ah setelah melakukan sholat ashar di masjid, terkecuali jika ada kegiatan diluar ma’had. Pengabsenan dilakukan secara personal, dengan memberikan tanda ceklis pada format yang telah di sediakan, cara ini membutuhkan kejujuran dari setiap mahasantri.
h. Olahraga Ringan
Santri diberikan waktu untuk melakukan olahraga ringan pada jam istirahat pagi. Hal ini dilakukan agar santri memiliki kebugaran pada masing-masing personal. Pengabsenan dilakukan secara personal dengan memberikan ceklis pada format yang telah disediakan.
i. Piket Harian
Piket ini meliputi beberapa tugas, yaitu; memasak, menjaga kebersihan dapur, kebersihan asrama, kebersihan lingkungan pondok, dan kelengkapan kelas. Pengabsenan dilakukan secara personal dengan memberikan ceklis pada format yang telah disediakan.